Rabu, November 11, 2009

OpenDNS Mengoptimalkan Modem Smart

Rabu, November 11, 2009
Sumber
Belakangan ini koneksi data smart sudah lebih baik dari minggu2 sebelumnya. Dan koneksi yang didapat lumayan kenceng juga. Saya berikan applause buat Smart. Seperti janji saya sebelumnya yang akan memberikan applause kepada Smart jikalau koneksi datanya sudah waras atau setidak2nya lumayan waras dan jarang terjadi error seperti yang terjadi pada minggu2 sebelumnya. Dalam sehari, ketidakwarasan Smart hanya terjadi beberapa saat saja dan terutama terjadi pada siang hari disaat istirahat kerja. Dan untuk waktu2 selain itu lumayan kenceng juga.

Namun meski Smart sekarang sudah lumayan waras, ada trik dan cara
2 lanjutan agar Smart yang sudah waras menjadi lebih kenceng koneksinya. Langkah ini hanya digunakan untuk Smart yang koneksinya sedang waras dan setidak2nya setengah waras. Dan langkah ini tidak berlaku ketika Smart tidak waras. Karena meskipun berusaha setengah mati untuk mempercepat koneksi Smart, namun jika koneksinya tidak waras apa gunanya. Saya teringat bahwa saya mempunyai akun di OpenDNS, sebuah perusahaan jasa penyedia DNS gratis yang bisa diandalkan kualitasnya. Akun yang telah saya buat lebih dari satu setengah tahun itu akhirnya saya tinggalkan dan saya memilih untuk membuat akun baru di OpenDNS. Dan ternyata setelah saya menggunakan OpenDNS, kecepatan menjadi lebih cepat dan stabil jika dibandingkan ketika saya menggunakan settingan default dari Operator Smart.

Sebelum mendaftar pastikan DNS modem anda sudah diset dengan parameter DNS dari OpenDNS yaitu DNS1: 208.67.222.222 dan DNS2: 208.67.220.220. Caranya adalah dengan masuk ke Contro Panel > Terus Pilih Network Connections> kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem dengan cara klik kanan. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi IP Address, biarkan saja pilihan di Obtain an IP address automatically. Dan pada opsi DNS, pilih opsi use the following DNS server addresses. Kemudian isi Preferred DNS Address dengan 208.67.222.222 dan pada kotak Alternate DNS server, isi dengan 208.67.220.220. Kemudian klik OK.

Setting OpenDNS

Setelah itu barulah masuk ke alamat http://www.opendns.com/. Ikuti langkah registrasi sesuai dengan kategori komputer anda. Apakah sebagai Home PC, Router, atau Server. Setelah selesai, confirmation email akan dikirim ke email anda sesuai dengan alamat email pada saat registrasi akun anda. Setelah masalah konfirmasi telah selesai. Barulah kita setting akun kita di OpenDNS. Yang pertamakali kita lakukan adalah melakukan setting IP address kita. Jadi OpenDNS hanya akan bekerja jika IP address kita telah terdaftar. Jika IP address kita belum terdaftar maka meskipun DNS kita sudah kita set sesuai dengan parameter OpenDNS, hal ini tidak akan memberikan efek apapun. Jadi jika kita yang berinternetan menggunakan kartu GSM ataupun CDMA dan sering ganti2 nomor, tentunya hal ini akan merepotkan juga. Karena setiap kali kita ganti nomor, maka kita harus registrasi IP kita di network OpenDNS. Untuk registrasi IP address, kita msuk saja ke menu Networks. Disana kita akan terlihat IP address yang kita gunakan. Klik saja Add this Network. Langkah yang sama kita lakukan jika IP address kita berbeda dari yang sebelumnya kita gunakan dan belum di registrasi di Open DNS. Setelah sukses, kita dapat mensetting kemanan dari koneksi yang kita gunakan, seperti memblokir situs2 porno, situs2 mana saja yang mengandung worms, spyware, dll. Jadi selain mempercepat koneksi, OpenDNS juga berfungsi sebagai pengaman.
Bagaimana jika kita sewaktu2 tidak ingin menggunakan OpenDNS lagi? Mudah saja, tinggal masuk saja ke Control Panel kemudian pilih Phone and Modems Options. Pilih Modems dan kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi DNS, pilih saja opsi Obtain DNS server address automatically. Selesai kan, kita nggak usah susah payah untuk menghapus IP address kita di akun OpenDNS. Selamat mencoba mendapatkan akses yang semakin cepat dengan koneksi data gratisan.


Related Posts



8 komentar:

rizakasela mengatakan...

Coba km tulis aja Network Connection kan lebih dipahami.
Atau kalo mau Control Panel > Phone and Modems Options > properties dari VIA Telecom CBP USB Modem > Networking > Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi DNS, pilih "Obtain DNS server address automatically". Selesai kan, kita nggak usah susah payah untuk menghapus IP address kita di akun OpenDNS

Dudek mengatakan...

Iy gan, ud diganti..
byk yg binggung, ^^

blackgak mengatakan...

iya mas...pak aku daftar ke opendns malah facebook aku kena block....ku coba ubah IP modem smart aku gak mau dial.....gimana ya....?

Dudek mengatakan...

@blackgak silakan anda baca postingan ini

budi mengatakan...

tararengkyu inponya gan.. :D
sangat membantu xP

boleh gak, saya kopi idenya, saya coba postingkan di blog saya? hehe..

Eiji mengatakan...

boss nanya donk.. gw pake smart, dan baru kmrnan coba openDNS. pas gw ubah DNS nya, dia bilang mesti restart connection biar ngefek. gw restart, DNS nya balik ke DNS semula (obtain automatically). gw ulang prosedur2nya lagi, dan hasilnya ttp kayak gt.. gimana ya ini bro?

usb modem mengatakan...

saya juga pake smart bro.
thanks banget ya buat infonya.

buayee mengatakan...

@mas budi: silakan aja gan... ;)
@Eiji:Internetnya jgn di konekan dulu.. baru di setting DNSnya..
@usb : sm2 gan... ^^

Poskan Komentar

 
Copyright © Buayee | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog